Jumat, 16 Januari 2015

Menanam bunga tulip di bekasi? siapa takut....

Setelah berbulan-bulan sibuk dengan dunia nyata, akhirnya saya bisa kembali menulis horeyyy...!!!
Jaai akhir bulan desember kemarin saya mulai menanam umbi tulip yang sebelumnya telah di cold treatment selama 2-3 bulan di dalam lemari pendingin (#baca kulkas).

Sebenarnya di bulan pertama cold treatment akar sudah muncul, tapi berhubung jadwal ngak memungkinkan untuk bertanam,umbi tulip dan hyacint saya cuekin aja dikulkas sampai 3 bulan lamanya. Tapi 2 minggu sekali saya rajin mengecek kondisi umbi-umbinya khawatir busuk.

Trus sempet ekperimen menanam satu umbi di hydrogel, hasilnya akar umbi malah busuk... nyesel deh hiks.

Akhirnya akhir bulan desember saya tanam didalam pot, berhubung pot yang saya miliki terbatas. Sebagian umbi tulip saya gabung dengan tanaman amarilys.

Rumah saya di sekitar bekasi, bagi warga jakarta pasti tau gimana kondisi udara disini yang puanaasssnya kebangetan! Bahkan di musim hujan pun udara tidak kunjung membaik. Tanaman tulip saya letakkan saja diteras yang memang memiliki kanopi sehingga tidak pernah terkena cahaya matahari langsung. Dan sangat jarang saya siram. Paling hanya sekali dalam 1 minggu.

Tapi luar biasanya tanaman tulip mampu bertahan... bahkan tumbuh subur. Kalau masalah bisa berbunga atau ngak, saya berharap bisa. Karena bibit ini mharus berjuang elintasi benua eropa untuk bisa sampai ke tangan saya. Semoga harapan itu dapat terwujud dalam beberapa bulan kedepan.. amin (doain ya guys #bagi siapa pun yang baca tulisan ini #ngarep)

Nah ini nih penampakan tulipnya:
Tepi kanan dan kiri tulip yang sudah tumbuh subur

Umbi hyacinth dan tulip


umbi tulip digabung dengan umbi amarilys tumbuh subur

Semoga nanti tulipnya bisa semakin besar.. subur dan berbunga, amin amin...

Sabtu, 11 Oktober 2014

mawar cantik bermekaran di rumahku

Bulan September dan Oktober seperti bulan parade bunga di halaman mungilku. Walaupun cuaca Jakarta sangat panas mungkin suhu saat ini bisa mencapai 33-34 celcius di siang hari, namun syukurnya tanaman masih kuat menahan panas tersebut.

Bahkan bunga mawar saya semakin rajin saja berbunga. Ini sebagai contohnya saya ingin berbagi gambar.



Dari 4 jenis mawar yang saya punya dirumah (mawar jingga lg ngak berbunga) yang paling semarak adalah mawar pink ini. Kuntum bunganya banyak sekali bergerombol. Nilai lebihnya mawar ini harum sekali, bahkan saya senang memetiknya sekedar untuk menghiasi jari manis manis sambil menciumi aroma wanginya.

Selain mawar bunga lain yang juga tak kalah cantik adalah adenium kuning.

Seperti diatas bunganya...
Cantik ya, ini pertama kalinya bunga adenium kuning mekar jadi tak henti2 saya mengagumi kecantikan rupanya.

Mempercepat pembungaan Amarilys dengan cold treatment

Jadi dirumah, saya memiliki 2 pot tanaman amarilys yang telah selesai berbunga. Hasil bertanya ke mbah google didapat informasi: jika ingin mempercepat pembungaan amarilys maka umbi harus di cold treatment selama 1-2 bulan.

Bunga amarilys mekar (foto diambil saat malam hari jadi kualitas gambarnya jelek)
Sebagai uji coba, satu umbi saya keluarkan dari pot dicuci bersih serta dipotong semua daunnya kemudian diangin-anginkan pada suhu ruangan selama 2 hari.
Setelah kering, umbi saya bungkus kertas koran kemudian di simpan dalam kulkas (bukan freezer) selama 2 bulan.

Umbi yang satunya lagi saya biarkan saja dipot, seluruh daunnya saya pangkas.

Setelah dua bulan berlalu, saya keluarkan umbi amarylis dari kulkas. Saya biarkan umbi pada suhu ruangan selama 2 hari. Kemudian saya tanam dan disiram dengan sedikit air.

Mulanya pertumbuhan kedua umbi tersebut sama lambatnya.
Tapi tepat dibulan kedua setelah penanaman mulai terlihat perbedaannya. Jika umbi yang tidak di cold treatmen menunjukkan pertumbuhan daun, umbi yang di cold treatment menunjukkan pertumbuhan batang calon bunga.


Benar saja, setelah 3 minggu umbi yang di cold treatment mulai berbunga. Tangkainya sangat tinggi dengan bunga yang besar... cantik sekali.

Tidak sulitkan membungakan amarilys.. mungkin memang perlu extra sabar, tapi begitu melihat kecantikan bunganya semua terbayar sudah. 

Amarilys berkuntum tiga mekar sempurna (foto diambil saat malam hari)

Senin, 29 September 2014

Lolos Menjadi PNS Karena Sesuatu

PNS, ngak tau karena faktor apa penggemarnya masih banyak sekali hingga saat ini, setiap ada lowongan penerimaan CPNS jumlah peserta yang mendaftar bikin lidah berdecak kagum. 

Saking banyak peminatnya, secara ngak langsung memicu munculnya oknum-oknum tak bertanggung jawab yang mengatasnamakan pejabat tertentu. Modusnya masih sama yakni janji-janji manis melicinkan proses penerimaan disertai imbalan dengan nilai yang luar biasa mahal (menurut saya).

Yang paling menyedihkan itu, ketika masih banyak korban yang termakan janji-janji manis semanis gulali. 

Beberapa kali, saya menemukan postingan-postingan di medsos yang mengatasnamakan seorang oknum guru honorer yang berhasil jadi PNS karena bantuan Ir. ....., atau Drs.....,. Semoga saja tidak ada guru-guru honorer yang terjebak dalam perangkap seperti ini.

Sering juga saat maraknya penerimaan CPNS saya melihat berita di TV yang meliput tentang kasus penipuan penerimaan pegawai. Miris ya.

Yang lebih miris lagi, cerita tentang seorang kenalan yang ngak perlu saya sebutkan namanya, 
Pernah seorang teman dengan bangganya mengatakan kepada saya, dia bisa masuk instansi tertentu dengan menggelontorkan uang senilai 100 juta rupiah. 
Saya bertanya: "gaji PNS itu kecil lho..., apalagi masih CPNS ngeluarin 100 juta apa ngak sayang?"
Kenalanku menjawab, sebanding dengan harga seragamnya, seragam yang banyak pernak-pernik lebih memudahkan untuk mengembalikan modal dibandingkan seragam sepertimu. Katanya sambil melirik seragamku yang sangat-sangat minim aksesoris.

Saya tercengang.... diam.
Mungkin inilah cikal bakal korupsi, jika kenalanku yang saat ini masih berstatus CPNS sudah bisa berpikir seperti itu, bagaimana kelak ketika dia menjabat. Tapi lagi-lagi ini hanya oknum, karena banyak juga teman-temanku yang berjuang mendapatkan seragam pernak-pernik dengan mengandalkan pengetahuannya, ilmu yang melekat pada dirinya.
Diantara sekumpulan rumput liar, masih banyak bunga-bunga cantik yang tumbuh subur dan bermekaran.

Pernah juga suatu kali saat masih nge-kos dulu, seorang kenalanku bingung mencari pinjaman uang. Awalnya saya berpikir dia butuh uang mendadak karena ingin membantu pengobatan orang tua/keluarganya sakit, ternyata perkiraan saya salah.
Rupanya temenku itu diminta orang tuanya mengembalikan uang yang sudah dikeluarkan saat meloloskannya masuk PNS. Temenku ini bingung donk, baru juga bekerja 8 bulan dan statusnya masih CPNS, gajinya saja masih 80% dari Gaji Pokok. Dia pusing bukan kepalang, saya juga ngak tau bagaimana dia memecahkan masalahnya itu.
Jujur saja saat itu saya tidak berkenan meminjamkan uang kepadanya. Mana ada PNS yang punya uang puluhan bahkan ratusan juta jika baru bekerja beberapa bulan, saya yang saat itu sudah bekerja selama 4 tahun jangankan ratusan juta, puluhan juta pun saya tak punya. Sebenarnya misalkanpun saya memiliki uang sebanyak itu, tidak sepeserpun yang akan saya pinjamkan kepadanya.

Makanya ada istilah PNS itu tidak mungkin kaya, tapi bisa saja berkecukupan. 
Meskipun semenjak tahun 2012 kesejahteraan PNS cukup terangkat setelah remunerasi, namun sangat sebanding dengan konsekuensi reformasi birokrasi yang diterapkan oleh instansi.

Tulisan ini saya dedikasikan untuk seorang ibu, yang beberapa waktu lalu duduk disebelah saya di Damri dalam perjalanan menuju Bandara Soetta,
Saat itu beliau betanya: "Masuk PNS bayar berapa?" 
Ingin saya sampaikan: "Ibu, tulisan ini jawaban lengkap saya, silahkan tarik kesimpulan sendiri"
 

Kamis, 25 September 2014

musim kemarau nan panjang

Hai teman-teman blogger..
Apa kabar? Sudah lama sekali saya tidak membuat postingan..
Kebetulan saat ini bisa rehat sejenak, menyempatkan diri membaca postingan temen-temen blogger yang ternyata jumlahnya sangat banyak sekali, produktif banget ya hehe. 

Postingan kali ini saya ingin kembali bercerita tentang umbi tanaman musim panas yang dulu saya pesan jauh-jauh dari Jerman.

Mulanya saat menerima paket di bulan Juni, dan kemudian menanam umbi dibulan yang sama tidak ada masalah yang saya hadapi.
Umbi dahlia tumbuh subur bahkan subur sekali, tergolong tumbuh pesat. Saat itu cuaca di Jakarta masih normal berkisar 27-29 derajat celcius. Dari 4 umbi dahlia hanya 2 yang umbinya membusuk.

Tanaman dahlia yang awalmya sangat subur, akhirnya mati.

Tanaman gladiol yang awalmya subur sekarang daun-daunnya menguning

Gladiol walaupun tergolong lambat tumbuh tapi setelah tunasnya muncul pertumbuhannya tidak kalah pesat dibandingkan dahlia. Dari 9 umbi yang saya beli, 4 umbi busuk sebelum tumbuh tunas.

Namun, kendala dimulai ketika:

  • Pulang kampung saat libur lebaran, selama 1 minggu tanaman tidak disiram. Pulang kerumah disambut daun tanaman yang menguning
  • Dahlia diserang kutu daun, kutu ini susah banget di musnahin, bikin jengkel karena membuat daun dahlia mengkerut dan mengecil.
  • Cuaca jakarta semakin panas, musim kemarau telah tiba. Tanaman mulai mengering. Bulan September cuaca bertambah panas, suhu disiang hari bisa mencapai 30 derajat mungkin lebih. Jangankan tanaman ya, saya saja ogah meninggalkan ruangan saat jam istirahat, karena panasnya sangat menusuk kulit.
  • Dibulan September saya juga jarang sekali dirumah, begitu juga suami. Tanaman jarang disiram apalagi diberi pupuk.

Alhasil, semua tanaman dahlia dan gladiol yang mulanya tumbuh subur berangsur2 daunnya menguning dan bahkan mati. Kondisi hari ini semua dahlia milikku sudah mati sebelum berbunga. Sedangkan gladiol sedang sekarat menunggu waktu nya tiba.

Kalau Begonia gimana kabarnya? Nah tanaman satu ini dari awal sampai sekarang ngak ada kabarnya sama sekali. Alias ngak berhasil tumbuh.

Jika ditanya apakah saya jera menanam bibit dari negara 4 musim, jawabanya pasti tidak. Buktinya saat ini bibit bunga muaim semi sudah tiba dirumah.

kali ini saya mau mencoba menanam tulip dan hyacinth. Kalaupun nanti pada akhirny saya gagal, semoga saya tidak terlalu kecewa ^^

Bibit tulip dan hyacinth yang saat ini sedang saya cold treatment dalam kulkas